Beranda

Thursday, March 02, 2006

Tips2 diet untuk pagi hari

Pagi ini seperti biasanya saya bangun pukul 5 lewat, menyegerakan sholat subuh. Dan seperti biasa pula, langsung turun ke dapur membuatkan juice untuk papa dan saya bersiap diri untuk sarapan, 1 gelas susucino (sebutan saya untuk susu lowfat + seujung kopi), 1 biskuit tawar. Setelah sarapan saya pun bersiap untuk olah raga.

Tips : Sarapan diperlukan agar kita memiliki cukup energi untuk beraktivitas terutama hingga siang hari. Besar kecilnya sarapan tergantung daya tubuh seseorang. Sarapanlah secukupnya, dengan takaran bahwa "jumlah" yang anda makan cukup untuk anda merasa kenyang hingga siang yaitu yang mengandung energi (karbohidrat) dan protein. Namun tetap perhatikan jumlahnya, jangan berlebihan.

contoh menu sarapan 1 :
susu low fat 1 cangkir
Roti tawar erat (whole wheat) 1 helai
Apel 1 buah
minum air putih minimal 2 gelas

contoh menu sarapan 2 :
susu low fat 1 cangkir
telur rebus 1 butir
buah (Pepaya/pisang)
minum air putih minimal 2 gelas

Selanjutnya saya menyegerakan diri bersiap untuk olah raga. Siapkan CD "Funky remix" di laptop meja. Tak lupa saya mengganti baju senam, ya walau hanya senam aerobic di rumah notabene cuma sendirian, tetap saya perlakukan diri saya seakan-akan melakukan senam di gym. Pagi ini saya pakai baju senam 2 pieces berwarna merah dengan tali silang belakang untuk bagian atas. Hal ini saya lakukan agar semangat dalam melakukan senam.

tips : saat senam/olah raga gunakanlah baju senam terbuka, yang memang memperlihatkan lekuk tubuh dan bagian-bagian yang sering dihinggapi lemak. Hal ini dikarenakan agar kita bisa mengetahui bagian-bagian mana yang perlu dibentuk, sekaligus kita bisa mengontrol apakah tubuh kita sudah cukup / masih menggelambir lemak.

Selesai senam, saya lakukan pembentukan yang pagi ini saya fokuskan pada pembentukan dan pengencangan bagian atas, menggunakan latihan beban (barbel), hingga saya tutup sesi olah raga dengan pendinginan 5 menit saja.

tips : Bagi anda yang sedang dalam tahap menurunkan berat badan, latihan beban atau olah raga pembentukan lainnya (body languange) dirasakan perlu, agar tubuh yang mengurus namun tidak menggelambir. Biar kencang maka latihan beban adalah jawabannya. Hanya saja jangan lupa perhatikan repetisinya agar tak membentuk seperti Xena alias kekar, kecuali memang itu tujuan anda!

Biasanya setelah selesai olah raga, saya bersantai barang 10-15 menit untuk menstabilkan suhu & kodisi tubuh. Pagi ini saya isi dengan melihat-lihat isi laptop saya, rencana-rencana hari ini. Setelah suhu tubuh saya rasa sudah kembali normal, sayapun segera mandi dan siap berangkat ke kantor.

Tips : Sehabis olah raga jangan langsung mandi, biarkan tubuh relax sesaat, mengatur nafas, bisa sambil membaca atau menonton, asalkan jangan ngemil! Ingat anda mau menurunkan berat badan bukan?
Setelah suhu tubuh cukup normal, segera mandi agar keringat tidak terlalu lama menempel pada tubuh.

Kadang walau sudah sarapan, diperjalanan ke kantor atau sesampainya dikantor, perut saya mulai kriuk-kriuk lagi, ya karena memang saya sarapan terlalu sedikit. Untuk mengatasinya, sesampainya dikantor (jam 10an) saya minum 1 gelas air putih, dan jika masih terasa lapar, pagi ini saya makan buah tomat yang sudah saya bawa dari rumah atau buah lainnya. Saya membiasakan diri untuk minum air putih yang banyak dan selalu membawa buah untuk jaga-jaga jika lapar sesaat menghadang. Setelah itu kembali bekerja

Tips : Orang yang sedang berdiet, mau tidak mau harus mengatur pola makannya, termasuk sarapan. Namun kadang jumlah yang sudah dikonsumsi terasa kurang karena belum terbiasa. Pada jam-jam nanggung (jam 9/10an) sirine "lapar" biasanya memanggil. Solusinya, jika anda lapar pada jam-jam antara pagi-siang, minumlah air putih 1 gelas, jika masih terasa lapar, konsumsi buah seperti apel, pepaya, jambu, pisang. Biasakan menyediakan buah, sehingga jika tiba-tiba anda merasa lapar, anda tidak perlu mencari-cari cemilan lain.

Selamat mencoba tips-tips diet kali ini!
Sekali lagi, NO PAIN-NO GAIN!Tidak akan ada hasil, jika tidak ada upaya!
Jika Anda disiplin, Anda akan meraih tubuh impian anda!

Rie

0 Comments:

Post a Comment

<< Home