Beranda

Tuesday, March 14, 2006

Tetap diet kala puasa?

Tetap diet kala puasa?

Puasa tidak hanya dilakukan saat bulan Ramadhan saja oleh umat muslim, namun dihari-hari biasa kaum muslim juga sering berpuasa. Entah itu puasa sunnah nabi Daud yaitu sehari puasa, sehari tidak maupun puasa sunnah senin-kamis. Lalu bagaimana dengan jadwal diet dikala puasa?Bagaimana pengaturannya?

Berpuasa justru sangat membantu dalam menjalankan diet, sisi positifnya kita tidak perlu ’menahan’ keinginan untuk ngemil yang biasanya hadir di jam-jam kerja atau waktu antara makan utama, pagi hingga sore dikarenakan memang tidak boleh makan atau minum apapun. Berbeda jika sedang tidak berpuasa, kita harus menahan nafsu ngemil secara kesempatan untuk ’mencuri-curi’ cemilan sangat terbuka lebar.
Berikut sedikit masukan tetap diet kala berpuasa, yaitu :

Sahur
Sahur sama saja dengan sarapan pagi, hal ini berarti penting. Jangan sampai tidak sahur sama sekali. Karena sahur merupakan cadangan energi selama kita beraktivitas dari pagi hingga waktu berbuka sore hari.
Seperti sunnahnya, sahurlah mendekati waktu subuh, paling tidak 1 jam sebelum azan. Menu yang dianjurkan sama seperti menyiapkan menu makan siang yaitu dengan kandungan gizi yang lengkap, karbohidrat, protein dan susu. Jika kita memasukkan menu nasi, cukup maksimal 4 sendok makan, dengan lauk daging putih tanpa kulit (boleh digoreng), lauk protein seperti tahu/tempe, atau telur rebus, sayur jika ada (tidak harus), dan susu. Jangan lupa minum air putih yang banyak minimal 2 gelas. Makanlah buah jika tersedia seperti pepaya, apel sebagai penutup.
Setelah sahur jangan biasakan langsung tidur untuk menghindari perut ’gendut’. Menunggu azan subuh bisa dijadikan ’ajang’ untuk tidak langsung tidur.

Olah raga
Walaupun sedang berpuasa, bukan berarti olah raganya dipuasakan juga. Tetap harus berolah raga, hanya saja kuantitas dan kualitasnya tidak sebesar ketika tidak berpuasa. Sehabis sholat subuh atau dipagi harinya sempatkan minimal 30 menit. Lakukan aerobic kecil atau jogging selama 30 menit. Selama gerakan yang dilakukan tidak melompat/berlari, olah raga masih aman dilakukan bagi orang yang berpuasa. Dengan berolah raga saat puasa selain membuat bugar juga dapat mempercepat proses penurunan berat badan.

Buka puasa
Bila tiba waktunya berbuka puasa, berbukalah dengan yang manis. Kurma termasuk menu pembuka yang baik dan tepat. Jika tidak ada gunakanlah buah-buahan atau teh manis (sedikit gula). Atau hendak mengkonsumsi kue manis juga boleh asalkan tidak dalam jumlah yang besar, baik itu kuantitas maupun kualitas. Sebagai contoh, biasanya jika tidak berbuka dengan kurma, saya berbuka dengan kue, favorite saya kue pisang coklat 1 buah saja cukup. Setelah itu, sebelum makan utama saya makan apel terlebih dahulu agar perut cukup kenyang guna menghindari makan malam yang berlebihan. Waktu makan malam saya tunda sekitar minimal 15 menit setelah makan apel tadi untuk mengetahui sejauh mana rasa lapar saya. Setelah itu baru makan malam dengan menu lebih sedikit dari sahur mengingat sudah mengganjal perut dengan makan sebelumnya dan malamnya akan segera tidur, jadi tidak baik juga terlalu banyak diisi. Cukup nasi maksimal 3 sendok makan, dengan lauk-pauk daging putih (misal ayam goreng/ikan goreng), sayur (harus selalu ada), susu (1/2 cangkir) sebelum tidur.

Menu makan malam berbuka puasa ini, disarankan apabila sudah mengkonsumsi jenis kue ketika berbuka sebelumnya usahakan tidak makan nasi lagi. Karena, sebenarnya dalam kue tersebut sudah termasuk kebutuhan karbohidratnya. Perbanyaklah makan sayuran, buah dan air putih supaya terasa kenyang. Ingat! Kebiasaan orang Indonesia yang sering terjebak dengan sindrom ’makan baru kenyang jika dengan nasi’! Padahal jika sudah mengkonsumsi kue atau roti atau jenis karbohidrat lainnya nasi bukan lagi kewajiban, karena porsi karbohidrat sudah tergantikan didalam kue (tepungnya) atau roti tersebut.

Kebiasaan buruk selama berpuasa
Hati-hati dengan beberapa kebiasaan buruk selama berpuasa, ingat-ingat dan catat dalam agenda diet kita agar terhindar dan diet kita tetap bisa dijalankan hingga impian berat badan turun bisa tercapai. Hal buruk tersebut antara lain :
- Tidur sehabis makan (sahur/makan malam). Ingat! Inilah ancaman perut GENDUT!
- Makan dengan lahap saat berbuka. Karena merasa menahan lapar seharian, kita sering terjebak dengan maka sekenyang-kenyangnya untuk mengganti perut kosong seharian. Padahal perut kososng sudah terisi dengan makan sahur sebelumnya. Yang ada, diet kita bisa terancam gagal karena makan berlebihan disaat berbuka puasa tersebut. Jadi, kontrol nafsu makan saat berbuka dan jangan jadi kalap!

Selamat mencoba!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home