Beranda

Wednesday, March 08, 2006

Syarat sah diet

"Bagaimana caranya sukses diet?"

Pertanyaan yang sering saya terima dari teman-teman yang bertanya bagaimana caranya bisa menjalankan diet, apa yang harus dipersiapkan, minuman suplemennya apa, susunya merk yang mana, makanannya apa aja, olah raganya bagaimana, dan pertanyaan lainnya yang intinya adalah bagaimana dan apa yang harus dipersiapkan untuk bisa sukses diet menurunkan berat badan.
Untuk itu saya coba bantu teman-teman sekalian, sembari saya juga masih melangsungkan program-program diet saya. Syukur-syukur bisa menularkan dan membantu teman-teman sekalian.

Syarat sah diet :

1. Niat
Tanamkan dalam otak kita, bahwa kita berkeinginan kuat untuk menurunkan berat badan, niat yang kuat adalah modal awal yang sangat berpengaruh. Kalau nggak niat, atau setengah-setengah, percaya deh, baru sebentar sudah menemukan pintu kegagagalan.

2. Yakin & percaya diri
Kita harus yakin dan Pede bahwa kita bisa menurunkan berat badan. Sudah banyak orang-orang yang berhasil menurunkan beratnya dengan diet yang notabene sulit (katanya) dan seperti nggak mungkin buat kita. Tapi kalau orang lain saja bisa, masa' kita nggak bisa?...

3. Atur pola makan
Mulailah membuat list jenis-jenis makanan yang harus dihindari (bukan dihilangkan, karena walau diet kita tetap boleh mengkonsumsinya), yaitu jenis-jenis makanan yang mengandung lemak, karbohidrat dan kalori yang tinggi, seperti gula, garam, kulit ayam, kulit daging, kulit ikan, keju, coklat, keripik/kerupuk, dsbnya.

4. Olah raga
Mulailah mencari tahu jenis olah raga apa yang kita sukai dan kita bisa enjoy melakukannya sehingga tidak terasa seperti sedang berolah raga. Misal, saya pribadi sangat menukai dance, tari-menari, jadi olah raga yang saya pilih aerobic. Untuk awal saya ikut kelas aerobic di gym yang ada kombinasi dengan kelas menarinya (dance), jadi saya juga semangat berolah raga. Kalau waktu anda terbatas, usahakan bangun pagi-pagi, buat yang muslim, sehabis sholat subuh, olah raga sebentaar selama 30 menit, entah itu jalan kaki, bolak-balik tangga. Jika waktu anda benar-benar amat sangat terbatas dan butuh masukan menyempatkan olah raga bisa dibahas di tips lain waktu atau bisa langsung hubungi saya.

5. Disiplin
Semua point penting, namun point disiplin ini merupakan kunci dari semuanya. Hanya dengan disiplin kita bisa sukses diet. Disiplin menjalankan point2 diatas, tidak melanggar peraturan2 diet kita, maka otomatis impian menurunkan berat badan bisa tercapai.

6. Ikhtiar (Berserah diri)
Nah, solusi terakhir setelah berusaha adalah berserah diri, serahkan sama yang di Atas, maha kuasa, karena semuanya yang punya kuasa kan Allah SWT.

Well, sudah taukan rahasianya bisa sukses diet?

Selamat mencoba!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home